Kuliner Dan Makanan Khas Pulau Bangka



Rp. 0.00 Rp. 0.00

Detil
KodePGK - Wisata Kuliner Khas Bangka
DeskripsiInformasi seputar kuliner dan makanan olahan laut khas Pulau Bangka Propinsi Bangka Belitung seperti terasi, lempah kuning, kecalo dan pantiau

Bangka Belitung sangat terkenal dengan kuliner makanan khas daerahnya , diantaranya martabak manis, otak - otak bangka, bujan, es kacang merah, mie bangka, mie belitung, kerupuk / kemplang dll . selain itu juga propinsi bangka belitung sangat terkenal dengan kuliner bangka belitung dengan makanan olahan lautnya sepeti gangan ketarap, ikan bulat bakar, cumi bakar dll.

Berbicara seputar kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Berbagai cita rasa makanan ada di sini, baik yang manis sampai pedas, mulai yang diolah dengan dibakar sampai yang diolah dengan cara diasap, dari yang berkuah sampai yang berminyak, semuanya ada. Salah satu daerah yang tidak dapat ditinggalkan di buku kuliner Anda adalah Bangka Belitung. Daerah yang bertajuk ‘Laskar Pelangi’ ini terkenal dengan pesisir indahnya yang dihiasi batu halus yang artistik yang menjadi ciri khas daerahnya.

Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah, sedangkan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Berlokasi di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis.

Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Selain keindahan berbagai tujuan wisata Bangka Belitung, hal lain yang perlu anda lirik untuk tidak dilewatkan adalah kulinernya. Berikut merupakan 7 Makanan Lezat yang perlu anda coba ketika anda berkunjung ke Bangka Belitung:

  • 1. Lempah / Gangan
  • Lempah / Gangan Merupakan masakan berkuah yang biasanya berbahan dasar makanan laut atau daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Mengenai kuliner Lempah / Gangan, biasanya masyarakat Bangka Belitung menyajikanya dengan beragam jenis dan bahan.

    Salah satu jenis Lempah / Gangan adalah Lempah / Gangan Kuning, dinamai demikian karena Lempah jenis ini berbahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit. Selain itu, Lempah jenis lain juga memiliki bahan bahan yang tidak kalah unik yakni Lempah Darat. Lempah darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah / Gangan jenis lain yang bisa kita jumpai yaitu Lempah Kulat yang berbahan dasar Jamur.

  • 2. Rusip
  • Rusip Bangka Belitung memiliki suatu makanan unik dengan rasa yang unik. Makanan tersebut adalah Rusip. Makanan ini dapat dikatakan sebagai makanan yang mencerminkan perkawinan antara budaya Belitung dengan budaya Jawa. Dikatakan demikian karena makanan ini selain meggunakan ciri kuliner khas Bangka Belitung, ternyata juga berbahan baku khas Jawa yakni Gula Jawa. Makanan ini tergolong unik karena dalam prosesnya membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses fermentasi. Ikan Teri sebagai bahan baku utama akan dimasukan ke dalam pot atau guci dalam proses fermentasi tersebut. setelah itu dalam proses selanjutnya akan dicampur dengan Gula Jawa.

  • 3. Kecalo
  • Kecalo Makanan yang satu ini mungkin hampir sama dengan rebon abon. Dengan berbahan dasar udang yang difermentasikan dengan ditambahkan garam, membuat kuliner yang satu ini berasa asin gurih. Kecalo biasanya ditambahkan sebagai bumbu saat membuat telur kocok dan juga bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai kuliner.

  • 4. Balacan
  • Balacan Merupakan sejenis pasta ikan atau udang fermentasi yang dipadatkan dan memiliki bau khas yang agak menusuk. Belacan dijadikan bumbu untuk banyak masakan lain. Sambal ini dibuat dengan cara memanggang terasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian terasi yang sudah dipanggang dimasukkan ke lumpang atau ulekan dan dimasukkan beberapa cabe kecil dan cabe besar, bawang, gula, dan garam secukupnya. Kemudian bahan-bahan tersebut diulek atau dilumatkan menjadi satu hingga halus dan tercampur rata. Yang membuat khas-nya disini, selain terasinya adalah dengan dicampurkannya dengan perasan jeruk kunci, yaitu jeruk yang sangat asam atau biasa disebut juga dengan jeruk sambal atau jeruk calong. Sensasi asam dari jeruk kunci yang beda, manis, pedes, asin, dan gurih akan terasa ketika mencocolkan lalapan atau kemplang ke sambel belacan ini.

  • 5. Pantiaw / Pantiau
  • Pantiaw / Pantiau merupakan salah satu makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan. Dengan suiran ikan makanan ini terasa sangat nikmat, dipadu dengan kuah ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya, membuat makanan ini terasa akrab di lidah masyarakat dan bagi yang telah pernah mencoba akan merasa kangen untuk mencoba lagi. Rasa yang tergambar di Pantiau adalah pedas gurih manis. Masakan yang satu ini bisa juga ditambah bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan semakin menambah sensasinya. Secara keseluruhan makanan ini hampir sama dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi anda yang suka makanan-makanan tersebut, maka anda wajib juga mencoba Pantiaw jika anda mampir ke Bangka Belitung.

  • Content Title : Kuliner Dan Makanan Khas Pulau Bangka
    Request detil informasi Kuliner Dan Makanan Khas Pulau Bangka dengan menghubungi kami via whatsapp atau line